Tahukah Kamu Jumlah Pemain Bola Basket Itu Berbeda-Beda?

Jumlah pemain dalam permainan bola basket tergantung dari jenis pertandingan yang diadakan. Permainan bola basket dapat dimainkan 1-5 orang pertimnya. Pada pertandingan lapangan kecil (half court) dapat dilakukan pertarungan 1 vs 1 dan 3 vs 3. Sedangkan untuk pertandingan lapangan besar (full court) biasanya diadakan pertandingan 5 vs 5.

Pertandingan bola basket dengan jumlah pemain 5vs5 sudah sering kita temui karena merupaka pertandingan bola basket yang sering diselenggarakan pertandingannya. Sedangkan pertandingan lapangan kecil hanya diselenggarakan oleh penyelenggara khusus saja karena jenis pertandingan ini kurang populer dibandingkan dengan pertandingan 5vs5.

Sejarah Bola Basket Dunia Dan Indonesia

Sejarah bola basket di dunia dan indonesia

Bola basket diciptakan oleh seorang guru olahraga yang berasal dari Kanada bernama Dr. James Naismith pada tahun 1891. James Naismith menciptakan olahraga ini karena pada saat itu ia harus membuat suatu permaian olahraga yang bisa dilakukan diruangan tertutup untuk mengisi waktu para muridnya dimusim dingin. Dalam membuat olahraga ini, James terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil dan dari situlah tercipta permainan yang kita kenal dengan bola basket yang dimainkan dengan jumlah pemain 5 vs 5 pada 15 Desember 1891.

Pada awalnya banyak orang yang menentang permainan ini karena banyak yang berpikir permaian ini terlalu keras untuk anak-anak dan tidak cocok untuk dimainkan didalam ruangan tertutup. Namun James Naismith memutar otak dan mencari cara agar permaian ini dapat dimainkan dengan aman. Akhirnya James pun memutusakan untuk membuat peraturan dasar yang mengatur para pemain bola basket agar siapapun yang memainkan permainan ini, dapat bermain dengan baik dan menyenangkan.

Di Indonesia sendiri bola basket baru masuk pada tahun 1928 yang diperkenalkan oleh orang Belanda di Jakarta dan menjadi olahraga yang populer khususnya dikalangan pemuda hingga hari ini. Pertandingan bola basket secara nasional baru diadakan pada tahun 1938. Kali pertama Indonesia mengikuti pertandingan internasional adalah pada tahun 1951 dalam ajang Kejuaraan Basket Asia yang diadakan di Manila, Filipina.

 

baca juga : Permaian Sepak Bola Yang Mendunia

Berapakah Ukuran Lapangan Kecil dan Lapangan Besar Bola Basket ?

Ukuran lapangan bola basket besar memiliki 2 jenis ukuran.  NBA (National Basketball Association) dan FIBA ( Federasi Bola Basket Internasional) memiliki standar ukuran lapangan yang berbeda. Untuk NBA sendiri, ukuran lapangannya adalah 28,5 meter panjang x lebar 15 meter. Sedangkan FIBA adalah 26 meter panjang x lebar 14 meter. Di Indonesia sendiri PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) menggunakan ukuran yang sama dengan NBA.

Berapa ukuran lapangan dalam permainan bola basket Berapa ukuran lapangan besar dan lapangan kecil dalam lapangan bola basket

Untuk jumlah pemain bola basket yang lebih sedikit (half court) menggunakan ukuran lapangan 15 meter x 11 meter. Ukuran ini lebih kecil karena tentunya jumlah pemain bola basket yang bertanding juga lebih sedikit.

Berapa ukuran lapangan bola basket besar dan kecil

Apa Saja Posisi Umum Dalam Permainan Bola Basket

Dalam permainan bola baket dengan jumlah pemain 5 vs 5, masing-masing dari pemain mempunyai peran dan tugasnya tersediri. Berikut ini adalah posisi pemain bola basket secara umum:

  • Forward, merupakan pemain yang tugas utamanya adalah mencetak poin untuk tim.
  • Defense, pemain yang bertugas menjaga area agar musuh tidak dapat mencetak poin.
  • Playmaker, bertugas untuk mengatur tempo permainan dari suatu tim serta mengatur strategi.

Posisi Dalam Permainan Bola Basket

Posisi diatas merupakan posisi utama yang ada dalam permaianan bola basket. Namun posisi diatas memiliki detail posisi yang lebih rinci lagi sesuai dengan jumlah pemain bola basket dalam satu tim. Berikut ini adalah posisi pemain basket yang lebih rinci :

  • Center. Center merupakan bagian dari defense yang biasa disebut dengan posisi 5 atau big man. Tugas dari center adalah untuk mengamankan area dalam ring jika musuh dapat menembus pertahanan pertama. Selain defense, center juga penting dalam posisi penyerangan. Pada saat menyerang, center akan berada diposisi dalam area lawan yang bertugas untuk megambil bola muntah dari teman setim jika tidak masuk dan juga dapat menyerang atau mencetak poin dari area dalam lawan.
  • Small Forward. Pemain dengan posisi ini biasanya disebut dengan posisi 3. Pemain dengan posisi 3 harus memiliki kemampuan dribble, lincah, dan mampu untuk bermain 1vs1. Pemain dengan posisi 3 juga bermaian defense melawan posisi 2 atau posisi 3 dari lawan.
  • Power Forward. Posisi ini diisi dengan pemain bola basket yang memiliki postur tinggi dan kuat. Biasa disebut dengan posisi 4, pemain ini bertugas untuk defense sekaligus menyerang diarea dalam.
  • Shooting Guard. Posisi 2 diisi dengan pemain yang memiliki kemampuan lebih dalam menembakkan bola ke ring lawan. Selain itu, pemain dengan posisi 2 ini harus bisa menggantikan posisi dari point guard.
  • Point Guard. Pemain yang memiliki kemampuan membawa bola dan mengatur tempo permainan dapat mengisi posisi 1. Pemain dengan posisi ini umumnya memiliki postur yang pendek dibandingkan dengan pemain dengan posisi lainnya. Tugas utama dari pemain ini adalah mencetak poin dan memberikan assist kepada pemain satu timnya.

Aturan Dalam Permainan Bola Basket

Bermain bola basket juga memiliki aturan untuk mengatur pemain bola basket bermain. Aturan-aturan yang diberikan diharapkan dapat menjaga pertandingan dalam permainan ini tetap kondusif dan teratur. Beriku ini adalah beberapa aturan yang ada dalam permainan bola basket :

  1. Jumlah pemain bola basket dalam satu tim berjumlah 5 pemain utama dan untuk pemain cadangan 5-7 pemain.
  2. Lama waktu pertandingan bola basket adalah 4 x 10 menit. Pada setiap pergantian babak, akan diberikan waktu 10 menit untuk beristirahat. Bila dalam pertandingan berakhir imbang, maka akan diberikan tambahan waktu sleama 2 menit.
  3. Waktu suatu tim untuk membawa bola adalah 24 detik. Jika melewati waktu itu maka bola akan berpindah ke lawan.
  4. Maximal melakukan sebuah pelanggaran untuk individu adalah 4 kali.

2 komentar untuk “Tahukah Kamu Jumlah Pemain Bola Basket Itu Berbeda-Beda?”

  1. Pingback: Permaian Sepak Bola Yang Mendunia - dannyhassen

  2. Pingback: Mengenal Bola Voli dan Sejarahnya - dannyhassen

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top