Netball Olahraga Khusus Wanita Mirip Dengan Basket

netball olahraga khusus wanita

Olahraga mirip basket tersebut bernama Netball atau bola jaring, sebuah olahraga bola yang dimainkan antara dua tim berisi tujuh pemain. Olahraga ini memiliki banyak kesaaman dengan bola basket, namun masih memiliki perbedaan dan memiliki pemain wanita yang sangat cantik-cantik.

Mendengar cabang olahraga Netball mungkin masih sedikit asing, tetapi sebenarnya olahraga ini sudah lama ada. Nggak heran, olahraga yang satu ini memang nggak begitu populer di kawasan asia sehingga hanya segelintir negara yang memiliki atlet Netball.

Lantas apa itu Netball? Yuk, simak uraian berikut untuk mengenal lebih jauh tentang Netball,mulai dari cara main hingga perbedaanya dengan bola basket. Berikut adalah

Apa Itu Netball

Netball merupakan olahraga bola besar yang terdiri dari dua tim dan dimainkan di lapangan dengan beranggotakan tujuh pemain di setiap timnya. Olahraga satu ini umumnya dimainkan oleh wanita.

Netball sendiri sudah mulai berkembang di inggris pada tahun 1891 an. Olahraga ini dari banyaknya wanita yang ining bermain bola basket dengan aturan yang lebih sederhana.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak gol dengan menembakan bola ke dalam ring lawan. Tim yang memiliki gol terbanyak di akhir permainan adalah pemenangnya.

Ada tujuh posisi pemain dalam olahraga Netball yang meliputi penyerang, pemain tengah, pemain pertahanan, dan penjaga. Setiap posisi memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri di lapangan.

Perbedaan Netball Dengan Basket

Permainannya sama dengan bola basket yaitu mencetak gol dengan melempar bola ke dalam tujuan lawan, tetapi keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan antara lain.

1. Jumlah Pemain

  • Netball: setiap tim netball terdiri dari tujuh pemain, dengan posisi yang ditentukan, yaitu penyerang, pemain tengah, pemain pertahanan, dan penjaga.
  • Bola Basket: setiap tim bola basket terdiri dari lima pemain, dengan posisi yang lebih fleksibel, termasuk penjaga, pemain sayap, pemain tengah, dan pemain bertahan.

2. Ukuran Bola

  • Netball: Bola netball lebih kecil dan tidak memiliki alur. Ini membuatnya lebih sulit untuk dikontrol dan dilemparkan.
  • Bola Basket: Bola basket lebih besar dan memiliki alur yang memudahkan pemain dalam dribbling dan melempar.

3. Gerakan Pemain

  • Netball: Pemain netball harus berhenti sepenuhnya untuk melempar atau menerima bola dan mereka tidak boleh bergerak saat bola sedang dalam tangan mereka. Selain itu, ada batasan tertentu di lapangan yang hanya boleh ditempatkan oleh pemain tertentu.
  • Bola Basket: Pemain dalam bola basket dapat bergerak dengan bola dalam tangan mereka (dribbling) dan tidak ada batasan wilayah khusus untuk pemain tertentu di lapangan.

4. Durasi Permainan

  • Netball: Permainan netball biasanya terdiri dari empat kuartal dengan durasi waktu yang telah ditentukan untuk setiap kuartal. Setelah kuartal pertama, tim akan bertukar posisi lapangan.
  • Bola Basket: Sementara permainan bola basket biasanya terdiri dari empat kuartal (dalam NBA) atau dua babak (dalam FIBA) dengan waktu yang lebih fleksibel, sebab waktu berhenti jika ada pelanggaran atau perubahan posisi bola.

5. Pengitungan Poin

  • Netball: Tujuan utama dalam netball adalah mencetak gol dengan melempar bola ke dalam ring ( keranjang ) yang tinggi di ujung lapangan lawan.
  • Bola Basket: Tujuan dalam bola basket adalah mencetak gol dengan melempar bola ke dalam ring yang lebih rendah dengan nilai berada 2 atau 3 poin tergantung dari jarak lemparan.

6. Kontak Fisik

  • Netball: Netball memiliki aturan yang ketat mengenai kontak fisik antara pemain. Kontak fisik hampir sepenuhnya dilarang dan pemain harus menjaga jarak yang aman dari lawan mereka.
  • Bola Basket: Bola basket memungkinkan lebih banyak kontak fisik antara pemain, terutama dalam pertahanan.

7. Seragam

  • Netball: Para pemain netball menggunakan dress terusan seperti dalam permainan bola tennis atau menggunakan tanktop dan rok.
  • Bola Basket: Sementara pemain bola basket diharuskan memakai celana.

8. Ring

  • Netball: Ring pada olahraga netbal tidak memiliki papan pantulan
  • Bola Basket: Sementara ring pada perminan bola basket memiliki papan pantulan.

Aturan Bermain Netball

1. Jangan bergerak saat memegang bola

Saat memegang bola, pemain tidak boleh melakukan dribble atau menggiring bola. Pemain hanya boleh berputar dengan kaki yang digunakan saat mendarat atau pivot. Pemain harus selalu meletakkan satu kaki di tempat yang sama.

2. Pastikan ketujuh pemain dari masing-masing tim berada di lapangan setiap saat

Ketujuh pemain dari masing-masing tim harus berada di lapangan setiap saat. Satu-satunya pengecualian untuk hal ini adalah jika wasit mengeluarkan pemain dari satu tim saat melakukan pelanggaran.

3. Berdirilah satu meter dari pemain yang membawa bola jika kamu seorang defender

Jika posisi kamu adalah seorang defender, kamu harus menjaga jarak minimal satu meter dari pemain yang membawa bola. Kamu harus memberi mereka ruang untuk mengamati keadaan dan melempar bola.

Hal ini berarti kamu tidak boleh merebut bola dari tangan pemain lain dan harus menjaga jarak jika ada pemain yang sedang memegang bola. Namun, kamu boleh melompat satu kali untuk mempertahankan umpan dan mencegat bola di udara.

4. Pemain hanya boleh memegang bola selama 3 detik

Pemain tidak diperbolehkan memegang bola lebih dari tiga detik dalam satu waktu. Menjatuhkan bola dan mengambilnya lagi tidak akan mengatur ulang waktu kepemilikan bola tersebut.

Sama halnya jika pemain mencoba mengoper kepada seseorang tetapi gagal dan pemain merebut bola lagi, waktu kepemilikan bola masih tetap berjalan. Jika pemain memegang bola lebih dari tiga detik, pemain harus menyerahkannya kepada tim lain.

5. Jaga bola tetap dalam batasnya

Jika bola keluar batas, tim yang terakhir menyentuh bola harus menyerahkan bolanya kepada tim lawan, lalu tim lain mengambil bola dan menuju ke garis keluar. Selanjutnya mereka memiliki waktu tiga detik untuk memainkan bola kembali setelah mereka mencapai garis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *